Istilah Dalam Web Hosting

  1. Disk Space. Disk Space adalah kapasitas ruang penyimpanan data-data website yang diberikan oleh layanan web hosting. Data disini bisa berupa file gambar, video, aplikasi, program dan lain lain. Sebagai contoh disk space yang disediakan adalah 500 Mb (Megabyte) maka anda dapat menyimpan data website di hosting sampai batas 500 Mb.
  2. Bandwidth. Istilah dalam web hosting yang paling sering ditemukan ini merupakan ukuran maksimal jumlah volume data yang diperbolehkan diakses pada website setiap bulannya. Ukuran bandwidth ini dihitung dalam satuan ‘Mb‘ (Mega Byte)
  3. Add on Domain. Fitur yang ada dalam web hosting yang memungkinkan untuk menempatkan atau menambahkan beberapa nama domain sekaligus
  4. Sub Domain. Sub domain merupakan bagian dari domain dimana nama domain ini ditempatkan sebelum nama domain utama/induk yang dipisahkan dengan titik. Contoh, id.wikipedia.org. id merupakan sub domain dari wikipedia.org.
  5. Parked Domain. Adalah domain yang ditambahkan pada domain utama/induk dan digunakan untuk mengakses atau menampilkan website yang sama dengan domain utama tersebut. Bisa juga dikatakan parked domain adalah domain berlainan nama yang mengarah/menuju ke website yang sama. Dengan menggunakan fitur parked domain, anda bisa memiliki dua alamat website berbeda untuk satu website yang sama.
  6. Uptime.  Uptime adalah salah satu istilah dalam web hosting yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih layanan hosting. Pengertian uptime itu sendiri adalah ukuran lama waktu sebuah server hosting dapat memberikan layanan berupa akses pada sebuah website.
  7. CPanel. CPanel adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya sebagai alat pengaturan website pada sebuah web hosting dan menjadi tool bagi webmaster dalam melakukan pengelolaan website. CPanel membantu pemilik web untuk mengontrol semua fungsi yang berhubungan dengan web hosting, e-mail , akun FTP, addon domain, parked domain dan lain lain
  8. File Transfer Protocol (FTP). File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu cara untuk melakukan transfer file atau data antara jaringan komputer di internet. FTP bisa juga digunakan untuk meng-upload data pada web hosting. Misalnya meng-upload halaman web dan gambar ke host server.
  9. Content Management System (CMS), adalah software yang digunakan untuk membuat website secara otomatis tanpa harus melakukan pemrograman. Dengan adanya sistem CMS ini juga memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau memanipulasi/mengubah isi dari suatu situs/website. Mulai dari design, pengolahan data dan juga pengintegrasian dengan hosting
  10. IP Address. IP Address (Internet Protocol Address) atau alamat IP adalah nomor yang digunakan untuk mengindentifikasi komputer, server atau alat lain dalam jaringan internal atau internet. Jadi kurang lebih arti alamat IP ini adalah alamat komputer kita pada jaringan internet. Format penulisan IP address ini tersusun dalam rangkaian beberapa deretan karakter numerik yang dipisahkan dengan tanda titik (misalnya 123.123.123.1).
  11. Domain Name Server (DNS). Jaringan komputer berkomunikasi satu dengan yang lain dengan menggunakan IP address. Oleh karena manusia sulit menghapal alamat IP yang berupa deretan angka-angka sehingga digunakan DNS untuk pemetaan nama domain dengan alamat IP. Pada saat anda mengetikkan alamat website www.yahoo.com misalnya apa yang terjadi adalah komputer akan bertanya ke DNS server untuk mencari alamat IP nya. Setelah ditemukan akan terjadi interkoneksi. Jadi DNS itu berfungsi untuk menerjemahkan nama alias menjadi alamat IP.
  12. MySQL. MySQL adalah suatu sistem manajemen database sebagai bahasa yang umum digunakan untuk menambah, mengakses dan memproses data dalam sebuah database. Jadi MySQL berfungsi untuk membuat database yang diperlukan oleh website. Jumlah database yang bisa dibuat sesuai dengan jumlah maksimal yang diperbolehkan oleh web hosting.
  13. Softaculous. Merupakan suatu fitur auto installer untuk meng-install CMS. Dengan web software softaculous ini dapat diinstal script aplikasi web misalnya wordpress dengan mudah hanya dalam beberapa langkah.

Apakah Jawaban ini membantu?

 Cetak Artikel Ini

Baca Juga

Panduan cara install WordPress dengan Softaculous

Login ke akun CPanel => Ketik pada browser nama domain diakhiri dengan /Cpanel...

Cara Melakukan Upload File / Website Ke Hosting

Mohon diperhatikan bahwa panduan ini hanya berlaku jika anda menggunakan layanan hosting dari...

Beberapa Cara Upload Website ke Hosting Server

Setelah selesai mendesain dan membuat website secara offline, langkah selanjutnya adalah...

Perbandingan antara VPS dan Shared Hosting?

Keuntungan VPS : Tidak ada batasan hak akses karena mempunyai akses root yang setara dengan...

Cara Reset / Mengganti Password cPanel

Untuk melihat atau melakukan reset pada password cPanel anda apabila anda lupa dapat dilakukan...

Powered by WHMCompleteSolution